Mengenal Jenis Alat Musik Melodi – Jika bicara soal musik , alat musik adalah salah satu bagian paling penting di dalamnya. Tanpa adanya alat musik , tentunya lagu tidak akan enak didengar di telinga.

Setidaknya ada 3 jenis alat musik yang dibedakan menurut fungsi , mereka adalah alat musik melodi , harmonis dan juga ritmis. Alat musik melodi digunakan untuk menghasilkan nada dan juga bunyi untuk mengiringi lagu .

Terdapat banyak sekali jenis alat musik melodi yang ada hingga saat ini. Mulai dari cara bermainnya dipetik , ditiup , ditekan dan masih banyak lainnya. Mau tau apa saja alat musik melodi tersebut? Yuk kita simak di bawah ini.

Mengenal Jenis Alat Musik Melodi

Gitar

Mengenal Jenis Alat Musik Melodi

Yang pertama adalah gitar. Gitar memiliki dua jenis yaitu gitar akustik dan juga elektrik. Keduanya memiliki cara bermain yang sama yaitu dipetik sehingga bisa mengeluarkan bunyi yang sangat merdu.

Untuk gitar akustik biasanya digunakan untuk mengiringi musik jazz , blues dan reggae. Sedangkan gitar listrik membutuhkan aliran listrik untuk bisa mengeluarkan bunyi. Gitar ini biasanya digunakan untuk mengiri musik pop , rock dan lain lain.

Biola

Mengenal Jenis Alat Musik Melodi

Biola menjadi alat musik melodi lainnya yang memiliki cara bermain yaitu digesek. Biola terdiri dari beberapa bagian yaitu badan biola, leher biola, jembatan biola, senar dan papan jari.

Selain itu ada juga perhiasan tambahan untuk membantu para pemainnya seperti pasak penyetel, ekor biola, pin, tali, beberapa penyetel tambahan dan dagu penyangga.

Biola biasanya digunakan untuk mengiringi lagu lagu pop.

Piano

Mengenal Jenis Alat Musik Melodi

Selanjutnya ada piano yang menjadi alat musik melodis tertua. Diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori di tahun 1720an , piano sudah mengalami beberapa perubahan hingga saat ini.

Hingga saat ini terdapat 3 jenis piano yaitu baby grand piano, grand piano dan upright piano.

Piano biasanya digunakan untuk mengiringi sebuah lagu dan juga berbagai genre instrumen musik .

Akordion

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui jenis musik melodi yang satu ini. Dibuat oleh seorang seniman Jerman yang bernama Christian Fried pada tahun 1822.

Terdapat 4 jenis akordion yang ada hingga saat ini yaitu akordion diantonis, berwarna, concertinas dan piano. Keempatnya memiliki cara bermain yang sama yaitu dengan cara ditekan.

Akordian biasanya digunakan untuk mengiringi lagu lagu religi namun bisa juga untuk mengiringi lagu modern.

Seruling

Dan yang terakhir adalah Seruling. Memiliki cara bermain dengan ditiup , seruling sudah menjadi alat musik yang jarang dimainkan saat ini. Padahal seruling adalah salah satu alat musik tradisional asli Indonesia yang berasal dari Jawa Barat.

Seruling yang terbuat dari kayu , memiliki 6 hingga 7 buah lobang di bagian batang seruling. Nantinya pemain akan meniup sembari menutup beberapa bagian lubang sehingga menghasilkan suara yang merdu.