Tempo Musik – Pengertian , Jenis Hingga Cara Menghitungnya !

Tempo Musik – Tempo adalah salah satu bagian paling penting di dalam sebuah lagu. Biasanya tempo ditulis di dalam notasi balok dan angka dalam hitungan beat per minute (BPM).

File:Bloch Chanty Poems of the Sea mm. 1-8.png - Wikimedia Commons

Dengan membaca tempo musik setidaknya kita mengetahui cepat atau lambatnya lagu atau musik yang dimainkan. Yap , tempo memang memiliki fungsi sebagai penanda cepat atau lambatnya lagu yang dinyanyikan sehingga bisa terdengar sangat merdu dan indah.

Karena menjadi bagian yang cukup penting dalam hal bermusik , setidaknya kalian harus mengetahui pengertian login slot777 , jenis dan juga cara menghitung dari suatu tempo musik yang ada. Untuk lebih jelasnya , yuk kita simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Tempo

Tempo adalah tanda cepat lambatnya lagu yang ditulis dalam notasi balok maupun angka. Sedangkan tempo dalam sebuah lagu adalah sebagai pendapat cepat atau lambatnya lagi yang akan dinantikan.

Alat untuk mengukur cepat atau lambatnya lagu adalah metronome maelzel (M.M) dalam hitungan satu menit. Sementara ukuran dari tempo disebut beat atau ketukan dalam satu menit lagu dinyanyikan.

Jenis Jenis Tempo

Apa saja tingkatan dari tempo musik? - Seni Musik - Dictio Community

Jenis Tempo sendiri dibagi menjadi tiga yaitu lambat , sedang dan juga cepat. Untuk tempo yang cepat biasanya digunakan untuk lagu yang gembira dan bersemangat.

Untuk yang tempo sedang biasanya digunakan untuk lagu yang lebih gembira dan lagu yang menenangkan. Sedangkan untuk tempo yang lambat biasanya digunakan untuk lagu yang sedih ataupun romantis.

Tempo Lambat

– Grave : lambat dan kidmat (40-44 M.M)

– Largo : lambat dan agung (46-50 M.M)

– Adagio : sedikit lebih cepat dari largo (52-54 M.M)

– Lento : lambat (56-58 M.M)

Tempo Sedang

– Adante : secepat orang berjalan (72-76 M.M)

– Andantino : lebih cepat dari adante (80-84 M.M)

– Maestoso : agung dan mulia (88-92 M.M)

– Moderato : sedang (96-104 M.M)

Tempo Cepat

– Allegretto : sedikit cepat dan riang (108-116 M.M)

– Allegro : cepat, hidup dan riang (132-138 M.M)

– Vivace : hidup dan riang (160-176 M.M)

– Presto : cepat (184-200 M.M)

Cara Menghitung Tempo

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya untuk penyebutan dari tempo itu sendiri adalah beat per minute ( BPM ) dengan satu angka di dalamnya. Dengan mengetahui banyaknya tempo dalam setiap menitnya bisa membuat kita mengetahui cepat atau lambatnya lagu tersebut.

Semisalnya sebuah lagu memiliki tempo 60 BPM. Hal ini menandakan jika akan terdapat 60 ketuk dalam satu menit.

Sedangkan jika lagu tersebut memiliki tempo 120 BPM berarti akan ada 120 ketukan dalam satu menit. Hal ini berarti kalian sedang memainkan tempo lagu yang cukup cepat karena harus menggandakan ketukan sehingga menjadi lebih cepat dan selaras.

Jadi tempo bisa diibaratkan sebagai langkah kalian untuk mencapai garis finish. Jika kalian diharuskan melangkah sebanyak 60 kali untuk mencapai garis finis , kalian akan melangkah 60 langkah untuk mencapainya.

Sedangkan jika kalian diharuskan untuk melangkah 120 kali untuk mencapai garis finish yang sama , tentunya jarak langkah kalian harus semakin diperkecil dan diperbanyak untuk mencapainya.

Oleh karena itu sangat penting untuk menyepakati seberapa banyak BPM sebelum memainkan instrumen agar memudahkan keselarasan musik yang akan dimainkan.